Kamis, 21 Januari 2010

Pesantren Open Source

Salah satu kegiatan positif yang dilakukan di dalam pesantren adalah Pesantren Open Source – Madrasah Open Source (POS MOS)

Pesantren Open Source – Madrasah Open Source (POS MOS) merupakan program inisiatif Yayasan Ponpes SPMAA yang dideklarasikan pada tanggal 20 Agustus 2009. Program yang menyasar pesantren dan madrasah se-Indonesia ini bertujuan membantu pemerintah dalam kampanye Indonesia Go Open Source (IGOS).

“Selain berfungsi sebagai wadah komunitas pesantren/madrasah pengguna open source, program POS-MOS juga mengemban misi pengembangan pesantren dan madrasah terutama dalam pemanfaatan sumber daya,” imbuh Gus Adhim.

Penggunaan istilah POS-MOS merujuk pada filosofi, semangat dan gerakan open source: Ilmu, pengetahuan, teknologi terbuka dan boleh dinikmati siapa saja untuk sebesar-besarnya kemakmuran umat dunia akhirat. Secara umum visi POS-MOS adalah ‘Menjadikan Pesantren dan Madrasah Sebagai Institusi Pendidikan Terbuka, Mudah, Murah, Mardhatillah, dan Menjangkau Semua’.

Hingga saat ini kegiatan yang telah digelar POS-MOS antara lain: sosialisasi ke pesantren/madrasah melalui event rutin ‘Bahtsul MasaiLINUX Bersama POS-MOS’, silaturahmi antar komunitas open source, advokasi ke pemerintah, penggalangan dukungan lewat group di Facebook dan juga hibah komputer bagi sekolah melalui kampanye ‘Satu Komputer Untuk Ma’had & Madrasah’ atau disingkat SERUMAH.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye penggunaan perangkat lunak legal berbasis open source di Indonesia,

jangan lupa ya… sebagai bentuk dukungan juga nih… dukung ane disini

oh iya jangan lupa baca artikel islam menarik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar