Selasa, 26 Januari 2010

Absensi Dengan Sidik Jari | Pemanfaatan Teknologi di Sekolah

Ini artikel saya yang kedua mengenai Pemanfaatan Teknologi di Sekolah, dimana tekonologi sangat dibutuhkan sekolah untuk warga sekolah.

Artikel saya yang kedua ini akan membahas mengenai teknologi absensi menggunakan sidik jari. Belum semua sekolah menggunakan absensi ini, tapi Alhamdulillah pada Juli 2009 lalu sekolah saya SMA Negeri 31 Jakarta sudah mengunakan ini. Meski absensi seperti ini sudah dijalankan di sekolah saya, absensi manual pun masih tetap dijalankan, karena masih baru sehingga harus ada proses adaptasi terlebih dahulu.

Menurut saya absensi menggunakan sidik jari seperti ini sangat membantu, sehingga absensi tidak terlalu ribet. Bahkan absensi seperti ini tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, karena sidik jari setiap orang berbeda-beda. Sehingga siswa/i akan kesusahan bolos sekolah.

Mengenai pemasangan alat ini juga gampang, bahkan untuk mendaftarkan sidik jari kita butuh waktu kurang dari 2 menit. Dengan ini absensi juga lebih efisien dalam hal waktu dan biaya.

Kesusahan bolos sekolah ??
Ya sedikit susah, namun bukan berarti tidak bisa. Saya pernah dengar dari seseorang, alat ini di Jepang pernah di hack. Namun saya tidak tahu bagaimana melakukan hal tersebut, jadi saya tidak dapat menjelaskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar