Selasa, 26 Januari 2010

Kurangnya Kebebasan Mengakses Internet di Cina

Menurut saya, hal yang wajar kenapa Google berpikir untuk cabut dari Cina, karena kebebasan mengakses di Internet di negara tersebut bisa dikatakan kurang.

Coba deh lihat peristiwa-peristiwa di bawah ini yang saya baca di BBC NEWS.

1 Mei 2001: AS dan hacker Cina terlibat dalam perang internet sebagai baris diplomatik tentang jatuh pesawat mata-mata AS bergemuruh.

7 November 2002: Aktivis Jiang ditangkap Lijun berikut penyelidikan yang menggunakan informasi yang disediakan oleh Yahoo.

14 Juni 2005: Microsoft setuju untuk menyensor para menulis blog tool, yang disebut Spaces, on MSN cina

7 September 2005: Net raksasa Yahoo dituduh memasok informasi kepada pihak berwenang Cina yang mengakibatkan memenjarakan wartawan Shi Tao.

25 Januari 2006: Google.cn sudah diatur, dan disensor oleh raksasa mesin pencari sesuai dengan aturan resmi tentang apa yang orang dapat melakukan dan melihat secara online di Cina.

9 Februari 2006: Yahoo dituduh oleh Reporters Without Borders yang membantu pihak berwenang Cina dengan merilis data yang menyebabkan penangkapan aktivis bersih Li Zhi.

15 Februari 2006: Yahoo, Microsoft, Cisco dan Google yang dikritik dalam sidang Kongres AS untuk menyerah kepada tekanan dari Cina untuk menyensor web mereka.

16 November 2006: Bagian pertama dari Great Firewall of China - juga dikenal sebagai Golden Shield Project - masuk ke layanan. Ini akan menggunakan beberapa cara untuk membuat sulit untuk menjangkau situs pemerintah Cina telah dianggap ilegal.

April 2007: Cina meluncurkan versi MySpace, tetapi tidak memiliki forum diskusi yang ditujukan untuk politik dan agama. Ini juga memiliki sistem penyaringan yang akan menghentikan posting isi tentang kemerdekaan Taiwan, Falun Gong, Dalai Lama dan lain topik "tidak pantas" .

Juni 2007: Yahoo mengeluarkan pernyataan yang mereka "kecewa" bahwa warga negara Cina telah dipenjarakan karena mengungkapkan pandangan politik mereka di internet.

Agustus 2007: MSN dan Yahoo menandatangani "janji disiplin diri" yang akan membatasi apa yang pengguna dapat mengatakan pada situs blog mereka. Keduanya menolak untuk melaksanakan salah satu elemen dari janji yang mengharuskan mereka untuk mengumpulkan nama asli pengguna.

November 2007: Yahoo dibawa ke gugatan oleh kelompok blogger informasi dan divonis oleh perusahaan internet serta diserahkan kepada pihak berwenang Cina.

25 Maret 2008: BBC News website diblokir di Cina.

1 April 2008: Dalam menjalankan olimpiade, Cina blokir website seperti Wikipedia, Blogger dan YouTube. Namun, ribuan orang tidak dapat diakses.

16 Oktober 2008: Cina memperkenalkan undang-undang yang mengatakan siapa saja yang menggunakan sebuah kafe internet harus memiliki foto mereka diambil dan menunjukkan ID sebelum mereka bisa pergi online.

24 Maret 2009: Pemerintah Cina blok akses ke video YouTube untuk membawa tentara memukuli biarawan dan Tibet lainnya.

9 Juni 2009: Cina memperkenalkan Bendungan Hijau bersih peranti lunak penyaringan yang akan dipasang untuk setiap PC baru yang dijual di negara ini dari Juli 2009. Perangkat lunak ini diciptakan untuk menghentikan orang yang mencari di "ofensif" seperti konten pornografi dan kekerasan citra. Pihak berwenang Cina mengatakan penggunaan perangkat lunak tidak "wajib".

10 Juni 2009: Pada ulang tahun ke-20 di Lapangan Tiananmen protes, layanan micro-blogging Twitter, situs foto Flickr dan YouTube diblokir untuk mencegah orang mendiskusikan atau melihat rekaman peristiwa pada tahun 1989.

Juli 2009: Selama kerusuhan, Cina blokir kata kunci pencarian untuk "Urumqi" - di kota tempat kerusuhan itu berlangsung. Juga diblokir adalah Twitter, Facebook dan alternatif lokal.

13 Januari 2010: Google mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk cabut diri dari China setelah serangan cyber pada e-mail account aktivis hak asasi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar