Jumat, 22 Januari 2010

Laporan Pemerintah: 200 Wanita Denmark Mengenakan Cadar



Pemerintah Denmark baru-baru ini telah membeberkan sebuah laporan awal mereka tentang cadar di Denmark, dan laporan ini telah dirahasiakan selama berbulan-bulan.


Surat kabar Denmark menyatakan: "Ada sekitar 100-200 wanita Denmark yang mengenakan Burqa, yang menutup seluruh tubuh termasuk wajah mereka dan hanya menyisakan sedikit di mata."
Surat kabar ini melaporkan hal ini berdasarkan dari informasi yang dibuat oleh pihak pemerintah sejak bulan Agustus lalu.


Dan menurut laporan pemerintah tersebut, yang dipublikasikan di internet, menyebutkan bahwa 50% wanita Denmark yang mengenakan cadar ini adalah warga Denmark yang masuk Islam.

Pemerintah Denmark saat ini telah memutuskan membentuk sebuah komite untuk mengkaji fenomena Burqa setelah adanya tuntutan dari kelompok konservatif di dalam pemerintah Denmark yang mendesak adanya pelarangan penuh bagi muslimah yang mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh di tempat umum.
Surat kabar Denmark juga melaporkan bahwa kelompok konservatif yang berada di pemerintahan harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari departemen kehakiman Denmark sebelum mereka mengeluarkan larangan tersebut karena hambatan konstitusional.

Perlu dicatat bahwa Denmark sebelumnya telah memicu gelombang aksi protes di seluruh dunia Islam sejak awal milenium baru karena perdebatan tajam atas budaya kaum imigran dari negara-negara Muslim dan terlebih lagi kasus penerbitan kartun Nabi Muhammad di surat kabar Jyllands Posten Denmark pada tahun 2005 yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar