Rabu, 20 Januari 2010

Perusahaan Penemu Paling Produktif di Dunia

Ada sebuah lelucon yang mengatakan bahwa seorang penemu adalah orang yang bekerja keras dan lelah untuk menghindari orang lain bekerja keras dan lelah. Di era modern ini kita tidak dapat menghindarkan diri dari kemudahan-kemudahan yang telah diciptakan teknologi bagi kehidupan kita. Perusahaan-perusahaan terbesar di dunia berikut ini merupakan pihak yang bekerja keras dan lelah untuk menciptakan umat manusia yang tidak harus bekerja keras dan lelah. Perusahaan mana saja yang patut dinobatkan sebagai perusahaan dengan tim penemu paling produktif di dunia? Berikut adalah beberapa di antaranya. Silakan Anda nikmati. (19/01)

Microsoft
Meskipun bagi beberapa pihak Microsoft dianggap perusahaan yang kurang imajinasi, tetapi tidak perlu diperdebatkan bahwa tim penemu di perusahaan ini merupakan yang paling produktif di dunia. Berdasarkan pendaftaran hak paten perusahaan ini yang mencapai angka 185,004, perusahaan ini telah mengalami peningkatan portofolio hak paten sebesar tiga kali lipat selama lima tahun belakangan, menjadi lebih dari 2,000 portofolio pada tahun 2008. Paten paling berharga yang dimiliki Mocrosoft adalah pada data processing, struktur file dan transfer, grafis computer, dan informasi presentasi, yang secara keseluruhan bernilai dua pertiga dari portofolio paten aktif di perusahaan tersebut.

Samsung Electronics
Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Korea Selatan ini juga telah berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan dengan penemuan paling banyak di dunia. Samsung berhasil masuk menjadi perusahaan nomer dua yang memiliki hak paten terbanyak di dunia, di bawah Microsoft, dengan jumlah portofolio paten sebanyak 128,727. Bahkan di tahun 2008 lalu Samsung telah mendafarkan paten sebanyak 3,500, melebihi angka pendaftaran 2008 Microsoft yang hanya sebanyak 2,000.

Kenaikan angka pendaftaran paten oleh Samsung Electronics ini terjadi akibat penekanan perusahaan terhadap kualitas paten pada produk semiconductor dan teknologi memory chip, di samping juga berbagai teknologi telepon seluler yang baru. Samsung merupakan perusahaan dengan pangsa pasar telepon seluler terbesar kedua di dunia, hanya berada di bawah Nokia. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan produsen produk elektronik seperti HDTV.

Canon
Perusahaan produsen kamera ini merupakan perusahaan Jepang yang memiliki hak paten terbesar di AS. Tercatat bahwa portofolio paten Canon mencapai total 109,650. Pada tahun 2009 lalu Canon tercatat telah memohon hak paten untuk beberapa produk yang cukup terkenal, salah satu di antaranya adalah kamera digiral touch screen. Canon juga terkenal sebagai perusahaan yang secara aktif memohon hak paten untuk teknologi pada printer, mesin foto kopi, dan beberapa produk elektronik lainnya.

Hewlett-Packard
Sebagai produsen computer terbesar di dunia, HP juga tercatat memiliki penemuan berharga dalam produk printer digital. Dengan nilai paten mencapai 101,502, HP mempergunakan patennya dalam produk-produknya. Akan tetapi perusahaan ini tercatat merupakan perusahaan yang agresif dalam mendaftarkan dan menjual paten. Saat ini tercatat jumlah paten yang ditawarkan oleh HP mencapai 5,000 buah. Tidak mengherankan bahwa angka tersebut hanya sebagian dari 32,000 hak paten yang masih mereka pegang untuk saat ini.

Intel
Intel merupakan perusahaan yang memiliki inti paten pada produk semiconductor, yang merupakan focus perusahaan sejak berdirinya di tahun 1968 lalu. Bukti dari kekuatan perusahaan ini merupakan pangsa pasar microprocessor-nya yang mencapai angka dominan 80% di seluruh dunia. Akan tetapi dominasi produk microprocessor Intel membawa permasalahan hukum. Pada bulan November lalu Intel setuju untuk membayar Advanced Micro Devices (AMD) sebesar 1.25 miliar dolar untuk menyelesaikan klaim anti monopoli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar