Rabu, 20 Januari 2010

MUI: Aliran Brayat Agung Sesat!

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menganggap aliran Brayat Agung yang berkembang di Situbondo, Jawa Timur, termasuk kategori sesat karena tidak mengajarkan ajaran Islam yang semestinya.

Ketua MUI Jatim Abu Somad Buchori mengungkapkan, Islam tidak mengajarkan hal sesat. Dalam aturan Islam, diajarkan salat lima waktu dalam sehari.

Pada kesimpulannya, jika ada aliran atau ajaran yang tidak percaya rukun iman, maka ajaran tersebut dinyatakan sesat dan keliru. Selanjutnya, MUI Jawa Timur akan berkoordinasi dengan MUI daerah, khususnya Situbondo, sehingga MUI Jatim bisa membuat fatwa pada aliran tersebut.

Buchori menambahkan, jika tetap melanggar, maka sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia bisa dikenakan pasal 56 KUHP tentang Pedoman Agama. Pelakunya diancam pidana 5tahun penjara.

"Maraknya aliran sesat di Jawa Timur maupun di Indonesia secara keseluruhan, karena tingkat pendidikan masyarakat masih kurang. Di Jawa Timur, hampir seluruh daerah bisa disusupi aliran sesat," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar